Pentas Teater “Sala Monolog #5”

Pentas Teater “Sala Monolog #5”

Pentas Teater
“Sala Monolog #5”


bertempat di Balai Soedjatmoko Solo.
24 – 25 November 2018, jam 19.30 WIB

Peserta :
Warni Wagu HIMATIS (Solo), Teater Serambi Sukowati (Sragen), Teater Bibasari (Salatiga), Teater Soekamto UNISRI, Fieldtrip Performing Art (Yogyakarta), Sastra Jejak (ISI Surakarta )

Sala Monolog diambil dari nama desa yaitu desa Sala, yg sekarang menjadi nama  kota  Surakarta , atau yang sering disebut kota Solo. Monolog sendiri adalah satu jenis pertunjukan teater yg menghadirkan 1 orang pemain , aktor/aktris di atas panggung.
Sala Monolog telah menjadi salah satu ruang proses kreatif bagi para pegiat teater, khususnya dalam bentuk monolog. Perhelatan yang menjadi event tahunan ini sudah masuk yang kelima kalinya. Bukan hal yang mudah dilalui, bagi seniman maupun bagi panitia. Latar belakang event ini hadir di kota Surakarta adalah keinginan para penggiat Teater di Surakarta sebagai wadah para aktor atau aktris mengasah kemampuan dalam bermain monolog. Gelaran ini menjadi harapan pula bagi tumbuh kembangnya seni teater di Kota Surakarta.

Event Sala Monolog tidak hanya diselenggarakan pada satu tempat atau lokasi, tetapi juga diadakan di beberapa tempat atau ruang kesenenian di Kota Surakarta. Alasan ini digunakan sebagai ajang perkenalan dan promosi ke publik bahwa Kota Surakarta ini memiliki ruang berkesenian.
Sebelumnya, Sala Monolog pernah diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta, Sanggar Seni Kemasan, dan Rumah Banjarsari.
Tahun ini akan digelar di Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo pada tanggal 24 - 25 November 2018. Sejumlah 6 peserta monologer perempuan telah melakukan proses dan akan menjadi penampil dalam event Sala Monolog 2018.

Area: