Pemutaran Audiobooks dan Diskusi: Membaca Dengan Telinga, Merayakan Audiobooks Sastra Indonesia

Pemutaran Audiobooks dan Diskusi “Membaca Dengan Telinga, Merayakan Audiobooks Sastra Indonesia”

Pemutaran Audiobooks dan Diskusi
“Membaca Dengan Telinga, Merayakan Audiobooks Sastra Indonesia”

Apresiator:
Agatha Febriani, Evy Sofia,  dan Misbahul Arifin.
Penyusun Audiobooks: Indah Darmastuti

Rabu, 28 November 2018, jam 19.30WIB
bertempat di Balai Soedjatmoko Solo.


Sastra dan bersastra adalah hak setiap orang yang merasa membutuhkan. Tetapi sastra, yang mayoritas diwujudkan dalam bentuk buku terlalu sulit untuk dinikmati oleh teman-teman difabel netra karena karya sastra yang ditulis dalam huruf braile sangat terbatas.
Maka, untuk meminimalkan keterbatasan dan upaya pemenuhan hak tersebut, mengalih-wahanakan teks prosa dan puisi ke dalam bentuk audio bisa menjadi alternative agar teman-teman difabel netra bisa dan mudah mengakses dan menikmati karya sastra. Pada gilirannya, selain menjadi hiburan, diharapkan bisa membuka ruang diskusi serta apresiasi atas karya sastra khususnya Indonesia.
Sebagai penyusun, Indah mengundang penulis prosa (cerpen dan cerita mini) dan penyair dari berbagai kota (terjauh: London) untuk menulis dan membaca karya. Kemudian selama 6 bulan dalam prosesnya, ia melibatkan teman-teman dari Sahabat Netra, beberapa seniman sebagai narator, editor dan illustrator musik. Termasuk di dalamnya teman-teman difabel.
Audiobooks ini adalah kerja kolektif dan sumbangsih teman-teman yang peduli pada perluasan dan pengenalan pada literature. Melalui kerja ini diharapkan bisa menjalankan salah satu fungsi sastra yaitu terus berproses menjadi manusia pembelajar. Karya Audibooks ini bisa dinikmati dan diunduh secara gratis di situs kami: www.difalitera.com

Area: