Pameran Om Pasikom

Pameran Om Pasikom

Pameran Om Pasikom

Pembukaan: 18 Juli 2017, jam 19.30 WIB
Pameran : 19 – 23 Juli 2017, jam 19.30 – 21.00 WIB
Bertempat di Balai Soedjatmoko, Solo.

Oom Pasikom pernah mengisi halaman Kompas, dan sampai saat ini masih mengisi halaman Kompas walau pun tidak lagi sesering dahulu. Oom Pasikom, Kompas dan GM Sudarta menjadi tidak terpisahkan satu dengan yang lain, lewat Oom Pasikom pula nama GM Sudarta menjadi terkenal, demikian pula Oom Pasikom dengan Kompas, sebagai media nasional sudah sewajarnya kalau melalui Kompas maka Oom Pasikom terkenal seantero Nusantara.
Karikatur di era Orde Baru memang media atau pun cara untuk menyampaikan kritik tanpa harus menyakiti yang dikritik, dan Oom Pasikom merupakan tokoh karikatur yang sangat cerdas mengkirtik situasi di jamannya. Melalui Oom Pasikom terasa sekali yang dirasakan masyarakat luas tersampaikan, kondisi yang sangat otoriter waktu itu menjadikan Oom Pasikom seperti sebuah katarsis kemampatan kehidupan di jaman Orde Baru.
Oom Pasikom telah berusia 50 tahun, usia yang cukup sepuh bagi sebuah tokoh karikatur di Indonesia, dan separuh lebih usianya dihabiskan pada jaman Orde Baru. Suasana Orde Baru memang tidak lagi ada, tapi jaman baru, era keterbukaan dan demokrasi saat ini juga membutuhkan kritik, kritik yang membuat kita tersadar sejauh mana kita sudah berjalan sejak Reformasi bergulir di negeri ini. Oom Pasikom menjadi penanda jaman, tapi juga pengingat kita semua, banyak hal yang disampaikan Oom Pasikom seharusnya memberi kita semangat hidup lebih baik di negeri yang saat ini terancam perpecahan dan sektarian yang begitu kuat.




Foto-foto Opening Pameran Om Pasikom bisa dilihat disini.

Area: