Seliweran di Luar Kamus Itu "Dokumentasi Bahasa Kaum Muda di Media Sosial".

Seliweran di Luar Kamus Itu "Dokumentasi Bahasa Kaum Muda di Media Sosial".

Seliweran di Luar Kamus Itu
“Dokumentasi Bahasa Kaum Muda di Media Sosial"
Sabtu, 20 Oktober 2018 jam 09.00-15.00 WIB
bertempat di Balai Soedjatmoko Solo.

Kita, kaum muda, sering disalahkan atas merosotnya kecintaan pada bahasa Indonesia di negara tercinta ini. Kamus Besar Bahasa Indonesia yang telah sampai edisi kelima, Tesaurus Bahasa Indonesia, Tesamoko (Eko Endarmoko), "Remah-remah Bahasa" (Eko Endarmoko), dua jilid "Celetuk Bahasa" (Uu Suhardi), dan buku terbaru Ivan Lanin, "Xenoglosofilia: Kenapa Harus Nginggris?", terbit agar kita teguh berbahasa baik dan benar, tidak melenceng dari aturan.
Kita bukan tidak (mau) tahu, tentu saja. Kita kaum muda, dengan penuh kesadaran bahwa bahasa mengandung kuasa (sosial, budaya, politik, ekonomi), memilih mencipta dan memakai bahasa-bahasa yang maknanya mengelak dari ketetapan kamus resmi. Di media sosial, kita menemu  (dan mungkin rajin pula memakai) bahasa "B aja" (B yang berarti "biasa", bukan hanya huruf kedua alfabet latin), "baper" (bawa perasaan), "ena-ena" (berkenaan dengan aktivitas seksual), W (kependekan dari gue), dan seterusnya. Meski tak resmi, senyatanya bahasa ini ada dan inilah bahasa milik kita, kaum muda Indonesia, yang tidak bisa diabaikan.
Usai menulis esai kota dalam tiga babak di "Solo Sehalaman", Bentara Muda mengajak teman-teman untuk membuat kamus bahasa kaum muda di media sosial, seharian, 20 Oktober 2018. Kita akan melakukan obrolan seru tentang perkamusan di Indonesia, melakukan pelacakan, dan pendokumentasian bahasa dari Facebook, Instagram, dan media sosial lain dari jam 9 pagi sampai sore. Hasil "kerja" sehari ini akan kita bukukan sebagai bagian kecil sejarah bahasa Indonesia.
Acara ini juga akan menjadi perayaan kecil kita di bulan bahasa sekaligus sambutan untuk Kongres Bahasa Nasional yang akan terjadi tahun ini.
Teman-teman yang ingin ikut bersenang-senang bikin-bikin kamus gaul ini (meneruskan sejarah kamus-kamus gaul terdahulu yang sempat terbit di Indonesia), plus mendapat obrolan berfaedah nan gayeng, silakan mendaftar dengan mengusulkan satu kata beserta artinya, kirim ke nomor 0881-2910-263 (Aprilia). Jangan lupa namamu, ya! Kami menunggu kirimanmu sampai 15 Oktober 2018, tengah malam.  Alasan teknis membuat kami hanya bisa mengajak 20 orang saja. Jika pendaftar membanjir, dengan sedih akan ada penyeleksian.
Kamu mau kan, seru-seruan bareng Bentara Muda lagi?
Tanya-tanya: April (08812910263) dan Nai (085736294414)

Area: