Pentas “SUARNA” Bersama Solo Kolektif

Pentas “SUARNA” Bersama Solo Kolektif

 

Pentas “SUARNA” Bersama Solo Kolektif
Jumat, 2 Juni 2017, pkl 20.00 (khusus media/wartawan)
Sabtu, 3 Juni 2017, pkl 20.00

Bertempat di Balai Soedjatmoko Solo.

Karya ini terinpirasi dari kondisi kehidupan saat ini yang serba membingungkan. Di tengah fenomena perkembangan teknologi digital modern, ambiguitas antara kebenaran dan dusta, terjadinya bencana alam dan perubahan ekologi. Kita mengacaukan kehidupan kita sendiri melalui media sosial, hidup dalam dunia maya, dengan memproduksi dan mereproduksi kesan dan pengalaman. Kebingungan terjadi ketika kita dijejali informasi yang entah fakta atau palsu. Karya Suarna mempertanyakan era kehidupan saat ini melalui pementasan karya yang mengaplikasikan mixed media. Karya ini mengkombinasikan komposisi ansambel gadhon Jawa dengan komposisi musik elektronik dan lagu tradisi rakyat Eropa. Adapun elemen visual yang ditampilkan yaitu creative OHP, live visual art, complex lighting design dan tari kontemporer.

Solo Kolektif adalah sebuah kelompok seniman dari berbagai disiplin yang dibentuk oleh Ellen Jordan (Wales, UK). Solo Kolektif dibentuk pada tahun 2016 setelah penampilan karya perdananya berjudul Mandala Perdamaian pada 5 April 2016 di Taman Budaya Jawa Tengah. Penampilan tersebut merupakan sebuah karya seni berbentuk ritual yang dipresentasikan melalui gamelan Jawa lengkap, tari kontemporer dan digital projection. Karya tersebut pernah mendapatkan juara pertama pada UNS International Gadhon Festival, (13 Agustus 2016) karya komposisi Ellen Jordan dan Sean Hayward.

Solo Kolektif telah bekerja dengan banyak artis nasional maupun internasional, antara lain: Victorhugo Hidalgo (musisi - Mexico) - Clementina Kura-Kura (contemporary wayang / creative OHP performer - Spanyol) Anna Thu Schmidt (koreografer - Jerman) Otniel Tasman (koreografer - Solo) Galih Naga Seno (musisi - Solo) Vivien Sárkány (film-maker - Hungaria) Ágnes Györfi (film-maker - Hungaria) Joko Jazz (lighting designer / Bend Creative Art Network - Solo) Sean Hayward (musisi / composer - USA) Gempur Respati Sentosa (musisi - Subang)
 

Area: