Bedah Buku “Petualangan Baros”

Bedah Buku “Petualangan Baros”

Bedah Buku “Petualangan Baros” dan Sarasehan
Tema: Buku Dongeng sebagai Sahabat Bermain dan Perannya dalam Menstimulasi Perkembangan Anak

Narasumber:

  1. Suryo Buwono (Penggagas Buku Sahabat Bermain dan penulis buku dongeng Petualangan Baros)
  2. Arif Yudistira (Guru dan Pemerhati Pendidikan)
  3. Dian Sasmita (Pegiat Sosial Anak, Sahabat Kapas)


Hiburan: Akustik & Musikalisasi Puisi dari Benang Merah
Rabu, 15 November 2017. jam 19.30 WIB
Bertempat di Balai Soedjatmoko Solo.


Persoalan tentang rendahnya minat baca di Indonesia dapat dikatakan sebagai permasalahan budaya. Bahwasanya secara turun menurun masyarakat Indonesia telah terbiasa menjadi audiens pasif daripada audiens aktif —atau dengan kata lain masyarakat Indonesia lebih nyaman menjadi
penonton dan pendengar dari pada seorang pembaca.

Membiasakan anak untuk gemar membaca adalah sebuah tantangan tersendiri. Sebab untuk membuat mereka mampu menerima buku sebagai bagian dari kehidupannya, anak-anak harus lebih dahulu dibuat mencintai buku. Sayangnya banyak buku anak yang justru gagal dalam membangun dan mempertahankan interaksi dengan mereka. Bahkan tidak jarang pula ditemukan konten-konten buku anak yang tidak pada tempatnya. Akibatnya sekarang anak-anak menjadi semakin berjarak dan enggan untuk membaca buku karena bagi mereka image buku terlihat membosankan. Dan lebih parah lagi kata ‘membaca’ telah berubah menjadi seperti momok yang menakutkan.

Dalam upaya menumbuhkan minat baca sejak dini, buku sahabat bermain hadir dengan sebuah gagasan alternatif. Dengan memberdayakan basis pendanaan yang bersumber dari partisipasi masyarakat, mereka membuat buku dongeng yang dilengkapi alat permainan edukatif dan mendistribusikannya secara gratis kepada anak-anak di pelosok daerah yang membutuhkan. Hal ini dilakukan agar setiap anak di Indonesia mendapatkan pengalaman awal berliterasi yang menyenangkan dengan peran buku yang dioptimalkan sebagai sahabat bermain bagi mereka.
Oleh karenanya, dalam rangka mendiskusikan hal tersebut, bukusahabatbermain bekerjasama dengan Balai Soedjatmoko berencana untuk mengadakan acara bedah buku “Petualangan Baros” dan sarasehan dengan tema, “Buku Dongeng sebagai Sahabat Bermain dan Perannya dalam Menstimulasi Perkembangan Anak”.


Area: 




Kalender Event November 2017

Ambal Warso Desa Kemuning Ke 50
05 November 2017 to 20 November 2017
Mengenang Any Asmara
05 November 2017
Klenengan Selasa Legen
06 November 2017
Hari Wayang Dunia 2017
07 November 2017 to 09 November 2017
Solo Photo Fest #4
07 November 2017 to 09 November 2017
Frame Of Solo 2017
18 November 2017
Gelar Karya Pahlawan Tari
18 November 2017
Printing Art Solo Exhibition
24 November 2017 to 01 December 2017