Klenengan Selasa Legen Bersama Karawitan Panca Budaya Laras


Klenengan Selasa Legen
Bersama Karawitan Panca Budaya Laras, Jajar, Solo


Senin, 30 Januari 2017 pk 19.30 WIB
Bertempat di Balai Soedjatmoko Solo


Karawitan Panca Budaya Laras merupakan kelompok karawitan yang berada di Kelurahan Jajar yang terletak di Solo sebelah barat. Kelompok ini menggunakan balai kelurahan untuk latihan setiap minggunya, beberapa anggota kelompok ini memang bekerja di kantor kelurahan tersebut, namun ada juga yang merupakan anggota masyarakat Jajar yang memiliki hobi bermain gamelan.

Di Solo saat ini memang setiap kelurahan mendapatkan satu perangkat gamelan yang diharapkan menumbuhkan kegiatan karawitan. Karawitan sebagai tradisi berkesenian di Solo saat ini memang tidak lagi diminati banyak orang seperti dulu, karawitan hanya menjadi hobi bagi sebagian masyarakat yang memiliki waktu luang, walau masih ada beberapa kelompok karawitan yang profesional, tapi kebanyakan merupakan kegiatan hobi semata.

Tradisi karawitan di Solo juga sangat dibantu kehadiran beberapa lembaga pendidikan seni seperti SMKI (SMK N 8 Surakarta), Akademi Seni Mangkunegaran, ISI Surakarta serta adanya kegiatan ekstrakurikuler di berbagai tingkatan sekolah.

Area: